Kebutuhan Hidup Hamster

Kandang : kandang merupakan syarat wajib untuk memelihara hamster. Kandang biasanya berisi tempat minum , tempat makan, rumah, dan mainan bagi hamster.  Banyak terdapat berbagaia macam jenis kandang , ada yang dari terali besi ataupun menggunakan aquarium. Dari pengalaman yang saya dapat hamster akan menggigit-gigit besi kandang apabila kita menggunakan kandang dengan terali – terali besi.Hal itu merupakan kebiassaan hamster karena, dia ingin mengkikis gigi-giginya. Tapi menurut beberapa artikel hal itu bisa menyebabkan hal yang tidak baik bagi hamster. Walaupun saat ini masih dilakukan beberapa penilitian.
Pakan : pakan seharusnya memenubi kebutuhan hamster terhadap gizi, vitamin, dan mineral, sehingga hamster selalu dalam kondisi sehat. Tidak sedikit pemilik hamster yang senang memberikan pakan berupa biji bunga matahari (kuaci) saja dan tidak pemah memberikan pakan yang lain. Tindakan ini bisa mengakibatkan hamster kekurangan gizi, vitamin, dan mineral yang penting . kuaci akan membuat hamster gemuk dan berlemak. Dan hal ini bias menyebabkan sakit pada si hamster, sama layaknya dengan manusia yang terlalu banyak makan makanan berlemak.Karenanya, sebaiknya hamster juga diberi pakan lain sebagai menu pelengkap. Jenis – jenis pakan akan dijelaskan pada post selanjutnya
Alas Tidur :  Hamster memerlukan alas untuk tidur. Alas tersebut berguna untuk menghangatkan tubuh, serta membuatnya merasa aman dan nyaman. Di samping itu, alas tidur juga berfungsi menyerap air seni dan kotoran yang dikeluarkan, sehingga kandang tetap kering. Terdapat dua jenis alas tidur yaitu, serbuk kayu dan pasair zeolite. Umumnnya, alas tidur yang digunakan adalah serbuk atau serutan kayu yang berukuran kecil, halus, dan tipis. Idaealnya, serbuk kayu yang digunakan berasal dari kayu yang berwarna putih. Tapi bisanya bila kita menggunakan serbuk kayu hal itu dapat membuar bulu hamster menjadi jarang-jarang dan terlihat seperti pecah-pecah. Begitu juga saat serbuk kayu basah , bulu hamster bias berwarna kuning karena lunturan dari serbuk kayu.. maka sebaiknya teraturlah mengganti serbuk kayu. Sedangkan memakai pasir akan membuat bulu hamster menjadi bagus . Tetapi semua kembali tergantung kepada si pemilik.
Mandi : Dihabitat aslinya yang kering, hamster sering membersihkan diri dengan berguling-guling di pasir. Karenanya ditempat pemerliharaan sebaiknya disediakan pasir atau bisa juga menaburi kulitnya dengan bedak khusus untuk hewan. Terdapat dua jenis pasir . pasir biasa dan pasir wangi. Tapi bila kita menggunakan pasir zeolite sebagai alas kita tidak perlu lagi menyediakan temapt mandi. Atau kita bisa memandikannya dengan pasir wangi, Dan itu dilakukan jarang-jarang. Hamster tidak tahan air, sehingga tidak disarankan membasahi atau memandikan hamster dengan alasan agar tubuhnya bersih dan wangi..
Suhu dan Lingkungan : suhu dan lingkungan yang Tepat – Hamster menyukai tempat hidup yang kering. Sebagai hewan kecil yang aktif pada malam hari, hamster bukan termasuk hewan yang tahan udara panas, apalagi sinar matahari. Panas atau teriknya sinar matahari langsung bisa membunnuh hamsterhanya dalam waktu beberapa menit. Tidak mengherankan jika hamster terlihat lebih aktif pada malam hari karena suhu udara pada malam hari relatif lebih sejuk dibandingkan dengan siang hari. Karenanya, banyak pemilik hamster yang meletakkan hainsternya jauh dari jangkauan sinar matahari dan suhu udara yang panas. Dalam suhu ruangan yang ideal (23-25° C), hamster dapat hidup sehat. Lebih baik lagi jika hamster diletakkan di tempat yang bersuhu sejuk. Suhu yang sejuk bisa membuat bu1u hamster cenderung menebal karena hamster tidak lagi merasa kepanasan. Karenanya, di dalam ruangan yang berpendingan (ber-AC), hamster akan aktif, sehat, dan memiliki nafsu makan yang lebih besar dibandingkan dengan di tempat lain.

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Hamster - Haft | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER